Rabu, 23 Maret 2011

Penggunaan Komputasi Modern dengan Pararell Processing

Sebelumnya sudah dibahas mengenai sebuah komputasi yang berkembang menjadi komptasi modern. Yang secara garis besar maksud dari komputasi modern adalah suatu kegiatan komputasi yang menggunakan alat bantu yang modern seperti komputer.

Kemudian kenapa di gabungkan dengan pararel processing??
Apa itu pararel processing??

Pararell Proecssing :

Penggunaan lebih dari satu CPU untuk menjalankan sebuah program secara simultan.

Idealnya, parallel processing membuat program berjalan lebih cepat karena semakin banyak CPU yang digunakan. Tetapi dalam praktek, seringkali sulit membagi program sehingga dapat dieksekusi oleh CPU yang berbea-beda tanpa berkaitan di antaranya.

Parallel processing juga dapat dikatakan sebagai teknik komputasi yang digunakan untuk memecahkan suatu permasalahan menjadi fragmen-fragmen di mana setiap fragmen akan diselesaikan oleh unit pemroses yang terpisah. Parallel processing dapat digunakan sebagai metode untuk peningkatan kapasitas panggilan simultan yang mampu ditangani oleh server VoIP yaitu dengan memanfaatkan resource memori dan CPU pada komputer node pemroses.

Sedadangkan penggunaan komputasi dengan pararell processing atau parallel komputasi adalah melakukan perhitungan komputasi dengan menggunakan 2 atau lebih CPU/Processor dalam suatu komputer yang sama atau komputer yang berbeda dimana dalam hal ini setiap instruksi dibagi kedalam beberapa instruksi kemudian dikirim ke processor yang terlibat komputasi dan dilakukan secara bersamaan. Untuk proses pembagian proses komputasi tersebut dilakukan oleh suatu software yang betugas untuk mengatur komputasi dalam hal makalah ini akan digunakan Message Parsing Interface (MPI).

Peningkatan teknologi komputer secara pararell ini sangat menguntungkan, karena kita tidak perlu menggunakan super komputer yang memang dapat melakukan komputasi yang besar namun memiliki harga yang sangat mahal.

Perbandingan antara komputasi tunggal dan komputasi paralel :

Untuk lebih jelas, tentang perbedaan dari komputasi tunggal dan komputasi paralel, lihatlah gambar berikut:

Komputasi Tunggal


Komputasi Paralel


Terlihat pada gambar diatas bahwa komputasi tunggal hanya menggunakan 1 CPU atau processor, sehingga dalam hal ini, jika instruksi yang dilakukan banyak, processor akan memprosesnya satu persatu. Hal ini menimbulkan antrian yang akhirnya akan memperlambat hasil yang diperoleh (waktunya lama). Namun jika kita lihat pada gambar komputasi paralel, instruksi akan dibagi menjadi beberapa instruksi sesuai dengan banyaknya processor. Hal ini tentunya akan mempercepat kerja komputer dan mempercepat waktu untuk mendapatkan hasil.

Contoh penggunaan Komputasi pararel :

Parallel Virtual Machine (PVM)
PVM adalah suatu perangkat lunak yang mampu mensimulasikan pemrosesan paralel pada jaringan komputer. Saat ini ada dua bahasa pemrograman yang didukung oleh PVM, yaitu FORTRAN dan C. Versi PVM yang paling umum digunakan berbasis UNIX, meskipun ada juga PVM berbasis Windows. Cara kerja PVM adalah dengan membuat (spawning) proses-proses anak yang akan dikirim ke processor-processor yang tersebar di jaringan komputer. Dengan PVM bisa ditentukan berapa jumlah processor yang akan dilibatkan dalam proses komputasi.


Network File System (NFS)
Salah satu protocol yang dipergunakan pada komputasi parallel adalah Network File System (NFS). NFS adalah protokol yang dapat membagi sumber daya melalui jaringan. NFS dibuat untuk dapat berdiri sendiri baik dari segi mesin, jenis sistem operasi maupun jenis protokol transport yang digunakan. NFS memperbolehkan user yang telah diijinkan untuk mengakses file-file yang berada di remote host seperti mengakses file yang berada di lokal. Kegunaan dari NFS pada komputasi parallel adalah untuk melakukan sharing data sehingga setiap node slave dapat mengakses program yang sama pada node master.

Dengan demikian maka komputasi secara pararell akan membuat prosess yang dilakukan menjadi lebih cepat dan efisien.

Sekian, semoga tulisan ini bermanfaat.. ^^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar