Sabtu, 26 Februari 2011

Komputasi Modern

Pada kesempatan kali ini saya ingin membahas sedikit tentang apa itu komputasi modern. Kita tahu bahwa komputer adalah alat yang cerdas, yang memudahkan manusia dalam hal menyelesaikan pekerjaan nya. Lalu apa bedanya dengan komputasi?? Ada juga istilah komputasi modern??
Ok,..mudah-mudahan penjelasan saya dapat menjelaskan pertanyaan-pertanyaan tersebut..

apa c maksud dari komputasi itu??

Komputasi merupakan suatu cara yang dapat digunakan untuk menemukan suatu solusi dari data yang telah kita input dengan menggunakan algoritma.
Secara umum iIlmu komputasi adalah bidang ilmu yang mempunyai perhatian pada penyusunan model matematika teknik penyelesaian numerik serta penggunaan komputer untuk menganalisis dan memecahkan masalah-masalah ilmu (sains). Dalam penggunaan praktis, biasanya berupa penerapan simulasi komputer atau berbagai bentuk komputasi lainnya untuk menyelesaikan masalah-masalah dalam berbagai bidang keilmuan, tetapi dalam perkembangannya digunakan juga untuk menemukan prinsip-prinsip baru yang mendasar dalam ilmu.
Selama ribuan tahun, perhitungan dan komputasi umumnya dilakukan dengan menggunakan pena dan kertas, atau kapur dan batu tulis, atau dikerjakan secara mental, kadang-kadang dengan bantuan suatu tabel. Sebenarnya sudah lama komputasi modern ini di cetuskan dan tokoh di balik semua ini yaitu John Von Neumann, Beliau merupakan ilmuan besar saat ini.

John Von Neumann :

Beliaulah yang pertama kali menggagaskan konsep sebuah sistem yang menerima intruksi-intruksi dan menyimpannya dalam sebuah memory dan dikenal sebagai arsitektur komputer modern.

Dari penjelasan diatas dapat kita ketahui bahwa ilmu komputasi itu sudah ada dari sebelum ditemukannya komputer, jadi salah besar jika kita berfikir bahwa komputasi itu berketergantungan dengan komputer. Komputasi yang menggunakan komputer inilah yang disebut dengan Komputasi Modern.

Dalam kerjanya komputasi modern menghitung dan mencari solusi dari masalah yang ada, dan perhitungan yang dilakukan itu meliputi:

1. Akurasi
2. Kecepatan
3. Problem Volume Besar
4. Modeling (NN & GA)
5. Kompleksitas


http://id.wikipedia.org/wiki/Komputasi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar