Rabu, 03 Maret 2010

Game Online dan Aplikasinya


Yang namanya game saat ini sudah bisa dibilang sebagai mainan universal. Mulai dari balita, anak muda sampai dengan orang dewasa pun sudah tidak merasa asing lagi dengan yang namanya game. Jika dahulu orang mungkin hanya mengenal GameWatch atau pun GameBoy, kini orang dapat memilih beragam media permainannya. Untuk bermain game, saat ini kita tinggal memilih, ingin memakai komputer desktop (PC) atau melalui laptop, atau bisa juga melalui perlengkapan game pabrikan seperti PlayStation atau Xbox. Bahkan saat ini PlayStation juga telah mengeluarkan perlengkapan game-nya tersebut dalam versi personal, yang disebut PSP. Sepintas, PSP sendiri mungkin mengingatkan kita pada era GameBoy, dimana sebuah game dapat dimainkan dimana pun melalui sebuah alat yang ukurannya hanya agak lebih besar dari sebuah handphone. Perlengkapan pendukung permainan yang ditawarkan pun sekarang sangat beragam, mulai dari mouse & keyboard standart, QuickCam, headset, joystick, gamepad, racing wheel, PlayGear, dan lain sebagainya.

Game pun dibuat dengan berbagai tingkat kesulitan. Mulai dari level ‘Beginner’ sampai dengan ‘Advance’ pun dibuat untuk disesuaikan dengan tingkat kemahiran si pemain. Kalau sudah dibuat tingkatan, maka game mungkin juga sudah dapat dimainkan oleh balita hingga orang dewasa. Masing-masing telah dibuatkan porsi permainan mereka.
Video Game atau permainan video adalah permainan yang menggunakan interaksi dengan antarmuka pengguna melalui gambar yang dihasilkan oleh peralatan video. Video Game kini dapat dimainkan oleh banyak pemain dalam waktu yang bersamaan meskipun mereka terpisahkan antar pulau maupun antar benua, memainkannya pun tak lagi konvensional dengan mesin video game arcade, kali ini dengan komputer maupun konsol (Wii, PS, Xbox) yang terkoneksi dengan internet, yang disebut dengan istilah game online

Contoh-contoh genre atau jenis-jenis game online ditinjau dari cara memainkannya yaitu:

RTS (real time strategy)
FPS (first person shooter)
RPG (role playing game)
Life simulation games
Construction and management simulation games
Vehicle simulation
Game Aksi
Game Petualangan
Game Aksi Petualangan
Manager Simulation

Dari macam-macam genre tersebut munculah sebuah game berbasis genre FPS. Dalam game bergenre FPS pemain seakan akan menjadi jagoannya, pemain hanya melihat tembakan atau sejata tanpa melihat jagoannya karena dalam genre ini memang pemain sebagai jagoannya, umumnya game berjenis FPS adalah game yang memiliki tema tembak-menembak. Permainan ini bisa berupa misi melumpuhkan penjahat maupun alien, kadang juga sejumlah pemain dibagi beberapa tim yang bertugas melumpuhkan tim lainnya, sebelum dilumpuhkan. Ciri utama lain adalah penggunaan senjata genggam jarak jauh.

Software untuk membuat game FPS:
Gunakan FPS Creator, dari namanya saja kita sudah tahu apa fungsi dari program ini, yaitu membuat game yang bergenre FPS, dengan software ini kita sama sekali tidak dikaitkan dengan urusan pemograman, grafis, music dan lainnya. Kita dapat dengan mudah membuat game bertema peperangan, tampilan dari software ini juga tidak membingungkan, sangat User Friendly.

Kelebihan FPS Creator

- Mudah digunakan
- Hanya dengan menggunakan cara awam kelak-kelik saja sudah bisa membuat game perang-perangan yang lumayan menarik
- Banyak membantu para pembuat game pemula
- Kita bisa menggunakan musik dan model buatan kita sendiri

Kekurangan FPS Creator

- Hanya bisa membuat game bertipe FPS
- Tidak bisa menambah atau mengatur menu game, menu game yang tersedia untuk dibuat hanyalah menu start game dan quit game
- Game yang dihasilkan hanya bisa dimainkan oleh komputer yang memiliki RAM dan VGA yang berkualitas
- Susah didistribusikan karena memerlukan spesifikasi komputer yang bagus untuk memainkannya

Untuk mencoba versi trial bisa mengunjungi www.fpscreator.com


Contoh game genre ini antara lain Duke Nukem 3D, Quake, Blood, Unreal, Unreal Tournament, seri Half-Life, Counter-Strike, seri Halo, Perfect Dark, TimeSplitters, Call of Duty, System Shock, dan GoldenEye 007.

Salah satu contoh game FPS yaitu Cross Fire yaitu sebuah Game Online First Person Shooter (FPS) yang memiliki grafis 3D yang detil dan sound effect yang realistik. Game ini memiliki fitur-fitur yang diinginkan oleh pemain FPS. Mulai dari banyaknya pilihan mode permainan, sampai banyaknya pilihan senjata yang dapat digunakan. Selain itu, game ini juga disesuaikan untuk dapat dimainkan bagi gamer pemula maupun yang master.


Dalam
Cross Fire pemain dapat memilih beberapa tampilan karakter anggota kesatuan khusus yang ingin digunakan untuk bertempur, mulai dari grup OMOH dari Rusia, kepolisian Amerika SWAT yang terkenal dari Amerika, Special Air Service atau SAS yang sudah menjadi legenda dalam militer Inggris, atau kumpulan agen rahasia wanita SPOP yang cantik tapi mematikan di lapangan.
Cross Fire dilengkapi dengan puluhan senjata mutakhir, mulai dari pistol Israel Desert Eagle, Sub-Machine Gun dari Jerman yang populer MP5, Rifle Styer Aug A1 yang super akurat buatan Austria, Flashbang yang menyilaukan, sampai Pisau militer untuk pertempuran jarak dekat.

Berbagai misi dan medan tempur akan menantang adrenalin pemainnya untuk selalu dapat mempertahankan diri dari serangan lawan sambil menyelesaikan misi yang ada. Lindungi diri dengan peralatan jaket dan helm anti-peluru, alat penjinak bom, sampai bom asap untuk mengacaukan pandangan tim lawan.
Sistem ranking yang ada di Cross Fire akan semakin memacu pemain untuk terus meningkatkan permainan sekaligus memperbaiki kekurangan dalam bermain.

Fitur Cross Fire


Mode Game Variatif
Misi-misi seperti peledakan dan penjinakkan bom, perburuan tanpa henti, serta mode eliminasi yang menantang, disertai oleh mode baru yang unik yaitu “Ghost Mode” menjadikan Cross Fire berbeda daripada game-game FPS lainnya.



Ranking System

Awali perjuanganmu dari awal sebagai Prajurit, lalu raihlah pangkat yang lebih tinggi sampai kamu menjadi seorang Jendral dengan segenap hati, dimana prajurit lainnya akan menghormatimu.


Puluhan Map untuk Dikuasai
Jalur pipa minyak di Turki, laboratorium milik rezim militer NAZI, pangkalan rudal di Mexico, pos militer di Alaska, sampai pertempuran di tengah kota Monaco, kuasai jalan-jalan rahasia untuk menyerang musuh secara bergerilya.

Clan System
Di dalam Clan kalian akan merasakan pengalaman bermain yang berbeda. Bentuk tim terkuatmu, pelajari taktik-taktik jitu dalam menyerang dan bertahan dalam tim, kuasai titik-titik strategis, dan jadilah pemenang. Bergabung dengan Clan teman, atau ciptakan Clan dengan kamu berperan sebagai pemimpin. Pilihan ada di tanganmu.

Voice Over Bahasa Indonesia

Cross Fire selain menggunakan fitur pesan suara bahasa Inggris, juga akan dilengkapi dengan fitur pesan suara bahasa Indonesia. Pesan suara ini diimplementasikan pada Radio Command, Broadcast Map, dan Broadcast Misi.


Karakter dalam Cross Fire


OMOH - Rusia
[Otryad Militsii Osobogo Naznacheniya]


OMOH juga dikenal sebagai “Baret Hitam” atau juga “Pembunuh Mafia”. Mereka bero
perasi sebagai Polisi Satuan Khusus di Rusia. OMOH didirikan pada tahun 1987 dengan bertujuan untuk menahan aksi teroris dan gangster yang merajalela di Rusia.

Tugas utama mereka adalah menghentikan penyelundupan obat-obatan terlarang dan
kejahatan yang kejam. Pada Oktober 2002, Pemberontak Czech melakukan penyanderaan warga sipil di sebuah teater di Moskow. OMOH pada waktu itu bertugas untuk mengambil alih keamanan dan menyelamatkan para sandera.



SAS - Inggris
[Special Air Services]


Special Air Service (SAS) adalah sebuah unit pasukan khusus di dalam Angakatan Darat Inggris Raya yang telah menjadi model dan inspirasi bagi berbagai pasukan khusus di negara-negara lain.

SAS juga sangat terkenal di dunia karena keterampilan mereka dalam menundukan lawan dan kesanggupannya turun ke berbagai macam operasi.. SAS terkenal dengan proses penyeleksian dan penerimaan anggota yang super ketat. SAS bertanggung jawab untuk mengatasi konflik internasional yang berhubungan dengan Inggris.




S.W.A.T - Amerika
[Special Weapon And Tactics]


Di awal tahun 1960, LAPD ( Los Angeles Police Department) dan FBI memulai organisa
si sistem militer gabungan untuk mengatasi angka kejahatan yang meningkat di Los Angeles. Hasilnya adalah terbentuknya S.W.A.T (Special Weapon And Tactics). Dary F. Gates, Komandan LAPD dianugerahi penghargaan dengan terbentuknya SWAT dan selanjutnya terus berkembang. Pada 1971, S.W.A.T menjadi organisasi dengan struktur permanen, kesatuan kecil beranggotakan 6 prajurit, dan kesatuan menengah beranggotakan 60 prajurit. Kontribusi besar mereka mengundang daya tarik dan rasa kagum di saat Olimpiade 1984 di Los Angeles.




SPOP - Inggris
[Special Pursuit Operational Personnell]

SPOP adalah kesatuan spesial yang didirikan untuk memerangi aktivitas terorisme dan ancaman-ancaman serius. Mereka dikenal dengan bayarannya yang tinggi sebagai imbalan jasanya.










Di dalam permainan, masing-masing karakter akan menampilkan 2 buah yang kostum berbeda, salah satunya yaitu kostum yang digunakan jika bermain sebagai Black List dan satu lagi kostum yang digunakan ji
ka bermain sebagai Global Risk.

Persyaratan Hardware (minimum) untuk download game ini:

• OS: Windows 2000/XP/Vista
• CPU: 800 MHz
• RAM: 128 MB
• Video: 32 MB
• Disk space: kira-kira 500 MB

sumber:
http://reviewgamebagus.blogspot.com/
http://gamelokal.blogspot.com/
http://crossfire.lytogame.com/


2 komentar: